Sabtu, 21 September 2013

IIMS 2013 Dibuka, Honda Mobilio Diperkenalkan


       MPV murah Honda yang ditunggu-tunggu Honda Brio MPV atau nama resminya Honda Mobilio akhirnya menampakkan diri di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Untuk memperkenalkan Honda Mobilio ini pihak PT. Honda Prospect Motor (HPM) mendatangkan bos besar mereka Presiden sekaligus CEO Honda Motor Company, Takanobu Ito.
"Mobilio menjadi model pertama yang diciptakan Honda khusus untuk Indonesia," ujar Ito disela konferensi pers di Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini (19/9/2013). Indonesia dipilih menjadi negara pertama yang menyaksikan kehadiran Honda Mobilio.

       Honda tertarik "turun ke bawah" mengingat segmen MPV bawah menjadi pasar terbesar total penjualan nasioanl yang mencapai 32 persen. Hingga kini kita tahu duet kembar (Xenia-Avanza) menjadi pemimpin pasar sejak diluncurkan 2004 silam maka tak heran akhirnya Honda mau masuk segmen pasar yang sama.
Walau masih sebatas prototype Honda Mobilio ini menawarkan desain yang sangat menarik. Spesifikasi Honda Mobilio ditinjau dari dimensinya memiliki panjang 4,39 meter, lebar 1.680 mm dan tinggi mencapai 1.610 mm. Jarak sumbu roda 2.665 mm, serta radius putar mencapai 5,2 meter. Jarak terendah ke tanah (ground clearance) mencapai 185 mm.Dengan panjang segitu Honda Mobilio menawarkan kabin lapang dengan konfigurasi 3 baris tempat duduk dan 7 penumpang.
     Mesin Honda Mobilio mengandalkan i-VTEC SOHC 1.5 liter, 16 valve dengan 4 silinder yang menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 4.800 rpm.
Disektor keselamatan, Honda Mobilio dilengkapi peranti antara lain konstruksi G-Con (G-Force Control Technology), rem ABS, EBD (untuk transmisi CVT). Tak lupa airbags (kantung udara) depan dua buah, sabuk keselamatan, Impact Mitigating Headrest, serta Pedestrian Protection.
"Saya percaya Mobilio akan memenuhi impian konsumen Indonesia akan mobil keluarga yang terjangkau dengan standar kualitas Honda," ujar Ito. Pada kesempatan ini Honda membuka keran pesanan untuk konsumen yang tertarik. Sayang, pihak Honda belum memastikan harganya. Sebagai acuan harga berkisar Rp 150 juta - Rp 180 juta on the road Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar