Sabtu, 07 Juli 2012

YAMAHA JUPITER Z1 MELUNCUR 10 JULI 2012?



Bro sis sekalian, istilah injeksi akhir-akhir ini semakin populer, siapa lagi aktornya kalo bukan Yamaha (Indonesia). keseriusan Yamaha Indonesia tahun ini tampaknya nggak main-main. Seolah mereka ingin merebut mindset masyarakat bahwa motor injekasi adalah Yamaha, walau kita tahu Honda (AHM) sudah jauh lebih dulu mengenalkan motor bersistem  injeksi. Keseriusan Yamaha dibuktikan mulai awal tahun ini dengan munculnya Yamaha Mio J disusul kelahiran Soul GT. Keduanya menerapkan sistem injeksi, dan sejauh ini kedua produk mendapat respon positif dari masyarakat. kabar terkini bebek legendaris mereka Yamaha Jupiter Z segera meluncur dengan sistem injeksi. Disinyalir kuat bebek yang akan berjuluk Yamaha Jupiter Z1 ini meluncur pada 10 Juli 2012, di Sirkuit Sentul, Bogor.

Beberapa hari lalu website resmi Yamaha Indonesia menampilkan teaser (foto penggoda) dengan siluet huruf Z khas Yamaha.  Dari informasi yang didapat Yamaha menjajikan perubahan yang cukup signifikan pada varian baru Jupiter Z ini. Paling utama adalah pengaplikasian sistem injeksi. Agak berbeda dari YMJET-FI yang tersemat pada Soul GT dan Mio J mesin Jupiter Z1 tetap menggunakan piston tempa (forged piston) namun kepala silindernya tidak ber-DiAsil(Die Aluminium Silicon. Dengan demikian aksi mengoprek dapurpacu dapat dilakukan maksimal. Hal ini diambil dengan maksud mempertahankan tahta Jupiter Z sebagai legenda balap backbone level nasional maupun ASEAN.  
Setelah urusan sistem injeksi, hal penting lainnya adalah desain. Desain Jupiter Z saat ini mendapat kritik cukup pedas dari pemerhati motor terutama pada bagian headlamp dan buntut. Apakah desainYamaha Jupiter Z1 mampu memenuhi ekspektasi mereka? Dari foto-foto yang didapat desain New Jupiter Z1 ini memang tampak banyak berubah . Pada bagian lampu utama Yamaha sepertinya mencoba mengembalikan desain lampunya sperti era Jupiter “burhan” setidaknya terlihat pada bagian ujung atas lampu utama didesain lebih melekuk layaknya mata/alis burung hantu. Bagian cover depan juga mengalami ubahan dan menyerupai Jupiter MX, begitu juga bagian leg shield (sayap samping). Tak lupa desain lampu sein juga tampak lebih ramping dan sipit. Konon desain ini sengaja "ditabrakkan" dengan desain sein Honda New Blade. Pada bagian dek (cover tengah) diberi tampilan baru dengan aksen warna ungu (sepertinya hanya pada varian Jupiter Z1 warna putih), sehingga tampak lebih elegan. Panel spido meter juga alami perubahan sehingga lebih mudah dibaca dan sporty. Lalu bagaimana dengan buritan yang dinilai sebagian orang kepanjangan? Sepintas masih sama namun kemungkinan ada perubahan pada panjang jarak sumbu rodanya. Disinyalir jarak sumbu antar roda sedikit lebih panjang. Pada bagian velg sudah dipermanis dengan strip line merah yang diklaim cat bukan cutting stiker. Sayangnya pada foto tak terlihat adanya RDB (rear disk break) pada roda belakang yang dinanti calon konsumen. 
Kabar lain menyebutkan tenaga terdongkrak 15-20 %  dari versi sebelumnya namun lebih irit.  Banderol harga Yamaha Jupiter Z1 juga belum jelas. Beranikah YMKI menaruh pada rentang harga yang sangat mepet atau bahkan sama dengan kompetitor? Mari kita cek beberapa hari lagi…
Semoga bermanfaat....
 Berikut adalah kompilasi foto Yamaha Jupiter Z1 dari yamaholigan.com


 Dan ini bocoran foto-foto Yamaha Jupiter Z1 dari dealer yang dikirimi Yamaha pusat:




Sumber:
- http://www.yamaholigan.com/forum/showthread.php?1735-Ketemu-Jupiter-Z-injeksi-broo&s=09b2e5d20f27e22003f99ba35806bb90
-  http://otomotif.kompas.com/read/2012/07/04/2958/Yamaha.Siap.Luncurkan.All.New.Jupiter.Z.1#

1 komentar: