Senin, 17 September 2012

RUPA TOYOTA AGYA DAN DAIHATSU AYLA (AGAK) BEDA?

courtsey image: otomotif.kompas.com
        Sedikit demi sedikit kabar calon bintang di Indonesia International Austomotive Show 2012 (IIMS) ini semakin terkuak. Pada artikel lalu telah disebut tentang prediksi harga khususnya untuk Toyota Agya. Sekarang Dumot tambah lagi ni. Mengutip info dari otomotif kompas disebutkan bahwa ukuran a.k.a dimensi city car garapan Toyota ini akan sedikit lebih besar dari KIA Picanto saat ini. Sebuah sumber menyatakan,""Dimensi Agya sedikit lebih besar dari Picanto baru. Bentuknya sporty, kompak, layaknya mobil kota lainnya yang ada di sini (Indonesia). Paling menarik, ada yang menggunakan aerokits sehingga terlihat lebih trendy."
        Menurut Dumot, hal ini sangat logis, walau belum ada gambar perbandingan antara keduanya (Toyota Agya & KIA Picanto) dijejer, mas bro bisa lihat bahwa gambar2 spyshot yang beredar di internet cukup menggambarkan pernyataan sumber tadi. Sepertinya dimensi Daihatsu Ayla/Alya dan Toyota Agya akan sedikit lebih panjang dan sedikit lebih tinggi. Rumornya penumpang dengan tinggi 170 cm tidak akan merasa sempit ketika masuk di kabinnya. Sementara itu versi yang menggunakan aerokit sepertinya mas bro dan mbak sis juga bisa nebak bahwa itu kuat dugaan adalah versi termahal (tertinggi). 
         Pada artikel sebelumnya sudah di utarakan bahwa mesin yang akan dikaryakan berkapasitas 1000cc, 3 silinder, dan sang sumber bahkan menambahkan," disana ada keterangan 1KRFE. Mesin dengan kode ini juga tersemat pada Toyota Aygo dan IQ dengan tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 67 PS @6.000 rpm dan torsi 91 Nm @4.800 rpm.
         Namun hal paling menarik (sudah Dumot sebutkan juga di artikel sebelumnya) adalah perbedaan rupa yang akan terjadi diantara keduanya. Kuat dugaan desain Daihatsu Ayla/Alya akan mengadopsikan desain Daihatsu A-concept. Terutama desain bagian headlamp dan grill yang berbentuk hexagonal. Perbedaan desain ini mungkin seperti halnya pada si kembar Nissan Marc/Micra dan Renault Pulse 2012. Yah, kembar kembar gimana gitu...

2 komentar:

  1. Gan kira kira daihtasu Ayla atau Toyota Agya modelnya mirip seperti Toyota Yaris atau Daihatsu Ceria ya?, Soalnya sampai hari ini belum pernah liat yang asli hanya Nampak fotonya aja.
    Memang kalau spesifikasinya bagus dan harga murah, Cuma ntar kalau uda indent takutnya modelnya mirip dengan Daihatsu Ceria,,, Hemmmm
    Kalau agan agan pernah liat yang asli tolong pencerahaannya ya???

    BalasHapus