Selasa, 21 Mei 2013

INIKAH TAMPANG HONDA BRIO MPV

 Pasar mobil MPV di Indonesia tercinta memang sungguh menggiurkan. Di era 2000an ini kini telah beredar Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin dan Toyota Avanza sebagai pemimpin pasar. Saking menariknya Mazda yang cenderung bermain di kelas premium pun akhirnya meluncurkan Low MPV-nya berjuluk Mazda VX-1. Seperti anda ketahui Mazda VX-1 merupakan kloningan dari Suzuki Ertiga. Seolah tak mau ketinggalan Honda yang selama ini bermain di segmen pasar yg mirip-mirip Mazda pun dengan jelas menyatakan akan meluncurkan MPV low end mereka.
    Lalu bagaimana spesifikasi Honda Brio MPV ini? Jonfis Fandy belum mau menjelaskannya, namun ia memberi sedikit petunjuk. “Yang pasti produk kita punya keunggulan lebih dibanding kompetitor," kata Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT. Honda Prospek Motor.
Render Brio MPV by Motorbeam.com
 
    Pertama, bentuk yang besar dan memiliki kabin lapang. Karena masyarakat Indonesia menginginkan mobil yang luas tapi tetap muat di garasi. Kedua, hemat konsumsi bahan bakar. Ketiga, ground clearance lebih tinggi. "Kita akui, Kijang memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Itu sesuai untuk di sini."
 Untuk masalah desain dan harga menjadi prioritas utama Honda. "Keduanya cukup penting, jadi harus dibuat kompetitif," imbuhnya. Adapun perihal dapur pacu yang akan digunakan, Jonfis belum mau membeberkannya.
 "Soal mesin kita belum memutuskan, tapi pasti tidak jauh berbeda kapasitasnya dengan para kompetitor, " ungkap Jonfis, sambil mengungkapkan, kalau Brio MPV akan mengandalkan sistem penggerak roda belakang. "Ya, pakai penggerak belakang, karena lebih praktis," tambahnya. Bisa jadi Honda menggunakan mesin Honda Brio yang ada saat ini, yakni berkapasitas 1.3 liter, atau menggunakan mesin Honda Jazz berkapasitas 1.5 liter. Atau malah dua-duanya? 
Render Honda Brio MPV by indianautosblog.com

  Dari bocoran spesifikasi Honda Brio MPV itulah Dumot tergelitik membuat render atau perkiraan desain Honda Brio MPV. Analisis pertama tentang bentuk yang besar atau kabin yang lapang. Tadinya Dumot berpikir bahwa secara simple Brio MPV akan mengambil desain Honda Freed (desain khas van yang boxy) yang diperbesar namun mengingat clue ketiga menyebutkan Brio MPV memiliki ground clearance lebih tinggi dari kompetitor maka desain mengkotak agak beresiko terhadap masalah kesetabilan jika disandingkan dengan ground clearance tinggi, maka desain boxy diabaikan. 
 Ground clearance Low MPV tertinggi dipegang Toyota Avanza dengan ketinggian 200 mm (20 cm) jadi merujuk apa yang dikatakan Jonfis mestinya Brio MPV lebih tinggi dari ini atau minimal sama. Berhubung desain dan detail fitur belum nongol, maka sah-sah aja kita coba bikin render Brio MPV ini...hehe... Dumot berasumsi Brio MPV akan memiliki bonet yang pendek, ini khas Honda silahkan lihat bonet Freed atau Jazz. Ground clearnace tinggi namun kabin lapang, agak susah juga dumot mikirnya kayak apa, akhirnya dumot berasusmi Brio MPV akan berbentuk dasar layaknya Avanza atau Ertiga. Maka desain seperti inilah yang bisa Dumot sajikan dengan mengambil basis Honda Brio hatchback. Overall desain Honda Brio MPV Brio yang Dumot sajikan berbeda dari yang dirender oleh motorbeam.com dan indianautosblog.com



Render Honda Brio MPV



25 komentar:

  1. bagus mas bro prototype dari brio ini. bagian belakang sporty gk kalah dengan crv,kia sportage, hyundai tucson

    BalasHapus
  2. Bukan prototype masbro...cuma rendering alias gambar prediksi/kreasi....hehe. Klo bentuk belakang murni karangan sendiri...hehe, maybe spti itu.
    Itu dibuat berdasar info dari salah satu bosnya Honda (HPM).

    BalasHapus
  3. kalau aku suka yg warna hitam, tinggal harganya pas dikantong kelas menengah kebawah, kpan louncingnya, aku langsung inden kalau modelnya yng arna hitam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua gambar diatas hanya reka desain dari pihak diluar Honda. Pihak Honda seperti Dumot muat dalam artikel di atas hanya menyebutkan Brio MPV ini nantinya akan memiliki body (cukup) besar, kabin lapang, mesin irit dan ground clearance yang cukup tinggi juga. Dari pernyataan itu Mb' Dewimantri bisa mengkira-kira seperti apa bentuk ato ukurannya....
      Dikatakan launching paada 2014 mendatang...namun ada kemungkinan akan diperkenalkan dulu di ajang IIMS (Indonesia International Motor Show)2013.

      Hapus
  4. moga-moga pihak honda & om jonfis lihat gambar ini (yg hitam)body perpaduan antara brio dan belakang crv, pastideh laku keras mengalahkan kompetitor yg lain, apalagi harganya gak beda sama yg lain, goodlack!!!

    BalasHapus
  5. Harapanya lagi palah harga dibawah pesaing di pasarnya seperti xenia,avanza,ertiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja demikian masbro Agus....biar kompetisi kian kompetitif sehingga konsumen yang diuntungkan. Selain harga yang lebih kompetitif harapan lainnya semakin bagus kualitas produk yang dihasilkan.

      Hapus
  6. Nih rendering lainnya http://andra-febrian.blogspot.com/2013/06/ini-dia-rendering-brio-mpv-2.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice render masbro Andra....
      sperti tertulis dlm blog masbro...perkembangan terbaru menyebut Brio MPV ini akan "memakai" stop lamp Honda CRV terbaru. Pihak AHM juga menyebut istilah Brio Estate...entah apakah akan dinamakan demikian belum jelas juga.
      Terima kasih sudah berkunjung bro Andra...saya juga sudah kunjungi blog saudara...salam kenal.

      Hapus
    2. Koreksi, APM Honda mobil bukan AHM, tapi HPM (Honda Prospect Motor). salam kenal juga

      Hapus
    3. Hehe iya bro Andra saya salah ketik tuh harusnya memang HPM...makasih koreksinya

      Hapus
  7. Wah mantap nih honda, tambah macet saja di jalanan, tapi mau juga sih, mudah2an bisa kebeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi klo pake gratis ya bro Fuad....hehe. Terlepas dari itu semoga desain, kualitas dan harga Brio MPV atau Brio Estate ini bisa head to head sama kompetitor.
      Terimakasih telah berkunjung Bro Fuad...

      Hapus
  8. INTINYA FITUR JUGA MELIMPAH OM JON TERKINI ..
    sperti doble blow, 2airbag, abs edb, sabuk pengaman lengkap sampai baris ketiga, eco, g-con, mngkin dvarian trtinggi.Pokoknya langsung trsedia smw varian trendah and trtinggi, oto-manual, baris ketiga tuh hrus lbh lapang dr ygblain , n jgan lagi kaya atap ertiga spin bahkan livina..hadeh bukan indonesia bgt..
    Pokokny minimal LOW MPV kaya AVANZA-XENIA TITIK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali masbro Rizal....intinya semakin kompetitif betul begitu?

      Hapus
  9. Kompetitif harus dong.. HONDA spertinya harus berkaca melalui kijang-avanza melalui MPV:ny, mereka bener2 mengerti masyarakat indo mlai dari harga sampai desain apalagi kbutuhan..
    sy org awam masalah mobil "memang" ttapi sy sbgai pemerhati saja sdikit demi sdkit jadi tw apa yg dbutuhkan masyarakat indo.. sy mau mrasakan cita rasa Low MPV Honda seperti apa..
    Buat om/bapak jon, tolong baca pak :-( ..
    1 lagi yang paling buat populer, yaitu NAMA NAMA DAN NAMANYA, kalo bisa easy listening, mngandung arti/makna yg bagus, pemberian nama juga menentukan bagi sy.. Trm kasih pak :-( saya cm mw mnyampaikan hal trsebut

    BalasHapus
  10. Agan dumot..
    Coba klwarin rendering baru lagi dong dengan warna slain hijau, warnany ga srekk buat indonesia..
    trus stop lamp'ny bener2 jelas sperty apanys..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo soal nama belum ada keterangan pasti dari pihak HPM, kalo rendering lain silahkan tengok http://dumotkita.blogspot.com/2013/07/honda-brio-mpv-bernama-honda-brio-estate.html

      Hapus
  11. Gan mau tanya... kira2 jika dibandingkan dengan freed apa kelebihan n kekurangannya masing2 yaa..
    Tolong dijawab ASAP..Tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas mbak Damayanti. Freed dan Brio MPV (update nama - Honda MObilio) beda segmen...tentu ada beda fitur pula untuk membedakannya. Sejauh ini info yang didapat Honda Brio MPV/Mobilio ini akan tersedia 2 tipe yaitu Tipe S dan Tipe E. dengan Tipe E memiliki 2 varian yaitu manual dan otomatis. Soal kelebihan Honda Mobilio ini rumornya memiliki panjang 4.4 atau 4.5 m sehingga mestinya punya kabin paling lapang dikelasnya.
      Berikut link terbaru Honda Mobilio:
      http://dumotkita.blogspot.com/2013/09/honda-mobilio-inikah-wujud-honda-brio.html

      Hapus
  12. masih menggunakan id BRIO MD 2,, sekarang proses penyesuaian, part dan cetakan stamping,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah blog saya dikunjungi orang dalem rupanya...hehe
      Adakah info terbaru sekarang bro "Anonim-15 Agustus"?

      Hapus
  13. wow, panjang juga ya? tapi ground clearance nya harus lebih tinngi dr skrang kan?

    kunjungan balik ke Komunitas Honda Brio

    http://hondabrio.org

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal masbro Zikri...maaf baru balas....hehe
      Tentunya anda sudah mendapat update beritanya bukan?
      Salam untuk Komunitas Honda Brio (HBC ya?)
      saya telah kunjungi web tersebut....komplit juga ya...

      Hapus
  14. harganya kira-kira berapa nih gan....???

    BalasHapus