Jumat, 22 Februari 2013

Ini dia Penampakan Panel ISS Honda Vario 125

ilustrasi: Honda Click 125i idling

        Honda Vario 125 Fuel Incection akan ketambahan varian yang disinyalir menggunakan piranti Idling Stop System (ISS). Mas Iwan dalam blognya telah mendapatkan bocoran gambar bagian stang sebuah motor dengan tombol ISS tersebut. Teknologi Idling Stop System disebut-sebut bakal ikut andil dalam penghematan pemakaian bahan bakar. Secara sederhana Idling Stop System bertujuan untuk memangkas konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang dengan cara "mematikan" mesin sesaat ketika motor diam semisal berhenti di lampu merah lebih dari 3 detik.
         
         Seperti yang terlihat pada gambar diatas, penempatan tombol ISS berada pada bagian stang sebelah kanan motor yang disinyalir Vario 125. Sedang desain Vario 125 Idling Stop System ini disinyalir tidak mengalami ubahan sama sekali. Perbedaan dengan Vario 125 "biasa" dikabarkan hanya pada warna dan striping saja.
          Idling Stop System ini bekerja sepenuhnya dengan Prosesor  Sistem Injeksi ( ECU) untuk membaca kapan saat mesin dimatikan dan kapan mesin mulai dinyalakan kembali. Sistem ISS membaca informasi dari banyak sensor yakni antara lain sensor kecepatan untuk mendeteksi kecepatan motor, sensor temperatur untuk mendeteksi temperatur mesin, throttle sensor untuk mendeteksi bukaan gas, Generator pulsa untuk mendeteksi putaran mesin, dan sensor jok (berupa saklar on/off) untuk mendeteksi ada atau tidaknya rider yang duduk di jok.


          Berhubung masih samar dan barangnya belum ada maka harga Vario 125 Idling Stop System (ISS) ini juga masih gelap. Mengingat fitur yang akan disandangnya ini kemungkinan besar Vario 125 ISS akan dihargai lebih mahal dari Vario saat ini. Kita tunggu kabar selanjutnya.




sumber:
- tombol-iss-honda-vario-125-berada-disamping-kanan-stang/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar