Agen Pemegang Merk (APM) Suzuki di Indonesia PT Suzuki Indomobil
Sales (SIS) akhirnya meluncurkan MPV paling ditunggu saat ini, Suzuki Ertiga
pada minggu malam (22/4) di Jakarta.
Pada
kesempatan itu Suzuki menawarkan Suzuki Ertiga
dalam 3 tipe: GA, GL dan GX. Suzuki Ertiga mengambil platform New Suzuki Swift sehingga beberapa
komponen mereka sama seperti suspensi, mesin dan kemudi. Dimensi New Swift (panjang x lebar x tinggi) 3850 mm x 1695 mm x
1510 mm dan wheelbase 2430 mm. Sementara Ertiga berspesifikasi panjang 415 mm,
tinggi 175 mm, dan lebar yang sama serta wheelbase 310 mm. Mengutip dari situs
dapurpacu.com, Endro Nugroho, Direktur Pemasaran Suzuki mengatakan “Didesain sebagai pesaing Toyota
Avanza, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina, Kami optimis dapat bersaing
dengan mereka.”
Courtsey pictures : tempointeraktif.com
Sadar
segmen yang dimasuki adalah paling gemuk, PT SIS menyeting harga sedemikian
rupa agar mampu menjadi pesaing serius bagi duet Xenia-Avanza dan Nissan Grand
Livina. Avanza seharga Rp 145,75 - 182,9 juta, Xenia Rp 127,6 - 180,3 juta, dan
Grand Livina Rp 162 - 212 juta. Sedangkan harga
Ertiga GA Rp 143 juta, Ertiga GL Rp 153 juta dan Ertiga GX Rp 165 juta, semuanya
harga on-the-road Jakarta.
Di Tanah Air, Suzuki Ertiga mengusung mesin K14B
1,373cc, 4-silinder, DOHC, VVT, berteknologi drive-by-wire, dengan tenaga 95 hp
pada 6000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4000 rpm. Seluruh torsinya dilimpahkan ke
dua roda depan via transmisi manual 5-speed. Konsumsi bensin diklaim 16,3
km/liter.
Pihak
PT SIS membanggakan seabreg fitur dan sistem keselamatan pada low MPV 7-seater
ini. Ertiga mengguli kompetitornya dalam beberapa hal seperti batang setir
dapat patah sendiri ketika terjadi tumbukan (collapsible steering column),
side impact
beam (batang dari baja) yang tersimpan di balik 4 pintu samping, head restraint
(sandaran kepala - bisa naik-turun) yang berguna meminimalisasi cedera leher
ketika terjadi benturan, lampu stop menghiasi bagian bagian atas pintu bagasi
(high mount stop lamp) dan Rem ABS & EBD serta 2 kantung-udara (airbag) walau hanya tersedia
di Tipe GX.
Rem
depan mengandalkan cakram dan belakang tromol. Suspensi depan
menganut MacPherson strut dengan coil spring dan belakang Torsion beam
dengan coil spring. Untuk kemudahan berkendara, Suzuki menanam sistem
electronic power steering (EPS) dan tilt steering (setir yang bisa diatur
kemiringannya). MID (Multi Information Display) menyajikan informasi konsumsi
bensin sesaat dan rata-rata, serta temperatur di luar kabin.
Semua tipe Ertiga tidak dibekali
ventilasi-ventilasi AC di bagian atap atau lebih dikenal dengan nama double
blower. Meskipun begitu, pihak Suzuki meyakinkan bahwa kesejukan terasa hingga
ke dua penumpang di jok paling belakang. Disinyalir Suzuki akan menanamkan
double blower pada edisi faceliftnya kelak, mengingat ini yang menjadi sorotan publik
otomotif.
Berikut gambar-gambar interior Suzuki Ertiga dari berbagai sumber:
Aku pingin coba ni mobil,,,
BalasHapustertarik...tapi bonus spg-nya gak ya...kalo iya tambah mau baget
BalasHapus