Minggu, 22 April 2012

SUZUKI ERTIGA RESMI MENANTANG XENIA-AVANZA-GRAND LIVINA

 

Agen Pemegang Merk (APM) Suzuki di Indonesia PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya meluncurkan MPV paling ditunggu saat ini, Suzuki Ertiga pada minggu malam (22/4) di  Jakarta.
           Pada kesempatan itu Suzuki menawarkan Suzuki Ertiga dalam 3 tipe: GA, GL dan GX. Suzuki Ertiga mengambil platform New Suzuki Swift sehingga beberapa komponen mereka sama seperti suspensi, mesin dan kemudi. Dimensi New Swift (panjang x lebar x tinggi) 3850 mm x 1695 mm x 1510 mm dan wheelbase 2430 mm. Sementara Ertiga berspesifikasi panjang 415 mm, tinggi 175 mm, dan lebar yang sama serta wheelbase 310 mm. Mengutip dari situs dapurpacu.com, Endro Nugroho, Direktur Pemasaran Suzuki mengatakan  “Didesain sebagai pesaing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina, Kami optimis dapat bersaing dengan mereka.”



                                                                    Courtsey pictures : tempointeraktif.com


Sadar segmen yang dimasuki adalah paling gemuk, PT SIS menyeting harga sedemikian rupa agar mampu menjadi pesaing serius bagi duet Xenia-Avanza dan Nissan Grand Livina. Avanza seharga Rp 145,75 - 182,9 juta, Xenia Rp 127,6 - 180,3 juta, dan Grand Livina Rp 162 - 212 juta. Sedangkan harga Ertiga GA Rp 143 juta, Ertiga GL Rp 153 juta dan Ertiga GX Rp 165 juta, semuanya harga on-the-road Jakarta.
           Di Tanah Air, Suzuki Ertiga mengusung mesin K14B 1,373cc, 4-silinder, DOHC, VVT, berteknologi drive-by-wire, dengan tenaga 95 hp pada 6000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4000 rpm. Seluruh torsinya dilimpahkan ke dua roda depan via transmisi manual 5-speed. Konsumsi bensin diklaim 16,3 km/liter.
Pihak PT SIS membanggakan seabreg fitur dan sistem keselamatan pada low MPV 7-seater ini. Ertiga mengguli kompetitornya dalam beberapa hal seperti batang setir dapat patah sendiri ketika terjadi tumbukan (collapsible steering column), side impact beam (batang dari baja) yang tersimpan di balik 4 pintu samping, head restraint (sandaran kepala - bisa naik-turun) yang berguna meminimalisasi cedera leher ketika terjadi benturan, lampu stop menghiasi bagian bagian atas pintu bagasi (high mount stop lamp) dan Rem ABS & EBD serta 2 kantung-udara (airbag) walau hanya tersedia di Tipe GX.
Rem depan mengandalkan cakram dan belakang tromol. Suspensi  depan  menganut MacPherson strut dengan coil spring dan belakang Torsion beam dengan coil spring. Untuk kemudahan berkendara, Suzuki menanam sistem electronic power steering (EPS) dan tilt steering (setir yang bisa diatur kemiringannya). MID (Multi Information Display) menyajikan informasi konsumsi bensin sesaat dan rata-rata, serta  temperatur di luar kabin.
             Semua tipe Ertiga tidak dibekali ventilasi-ventilasi AC di bagian atap atau lebih dikenal dengan nama double blower. Meskipun begitu, pihak Suzuki meyakinkan bahwa kesejukan terasa hingga ke dua penumpang di jok paling belakang. Disinyalir Suzuki akan menanamkan double blower pada edisi faceliftnya kelak, mengingat ini yang menjadi sorotan publik otomotif.
 
Berikut gambar-gambar interior Suzuki Ertiga dari berbagai sumber: 











2 komentar:

  1. Aku pingin coba ni mobil,,,

    BalasHapus
  2. tertarik...tapi bonus spg-nya gak ya...kalo iya tambah mau baget

    BalasHapus