Selasa, 24 Desember 2013

MPV 7-seater Baru Toyota Siap Jegal Honda Mobilio

Daihatsu UFC Conecpt II
       Tak ada penguasa yang mau kekuasaanya diambil alih oleh pihak lain, apalagi secara kudeta..hehe. setidaknya itulah gambaran untuk Toyota Astra Motor (TAM) yang kini disinyalir telah menyiapkan MPV baru untuk menghadang Honda Mobilio agar "kuenya" (pasar) tidak digerogoti habis. Entah mulai kebakaran jenggot atau memang murni strategi baru kini pihak TAM dikabarkan meniyapkan MPV baru penjegal Honda Mobilio ini. seperti kita tahu MPV Honda Mobilio dilahirkan untuk mengambil market share Toyota Avanza (dan juga Daihatsu Xenia). Dikabarkan dapurpacu.com diperoleh informasi bahwa tengah secara serius menyiapkan MPV baru yang akan berkapasitas 7 tempat duduk alias 7 seater.
     Keterangan tambahan kemudian didapat, "Mobil tersebut akan mengisi celah antara Avanza dan Innova,” urai sumber Dapurpacu.com yang mengetahui proyek tersebut.
Sekelumit kalimat yang cukup menarik dianalisis. MPV 7-seater baru Toyota akan mengisi celah antara Avanza dan Innova. Menurut Dumot hal ini bisa memuat beberapa kemungkinan. Kemungkinan pertama bahwa TAM justru pede bahwa Honda Mobilio tidak sekelas dengan Avanza namun berpotensi menggerogoti pasar MPV entry level Tanah Air. Jadi TAM tetap pede memasang Avanza sebagai MPV kelas bawah sejati, sementara MPV baru Toyota ini kelasnya diatas Avanza karena melihat Honda Mobilio punya estetika perwajahan & fitur yang bisa dibilang lebih berkelas dari Avanza. 
        Kemungkinan kedua TAM memang khawatir dengan kemunculan Honda Mobilio jika benar punya fitur yang lebih namun ditawarkan dengan harga yang sama (head to head) belum lagi banyak orang menilai postur fisik (desain) Honda Mobilio lebih ningrat daripada Avanza. Maka seolah menjadi wajib bagi TAM untuk menelurkan MPV baru ini yang sekelas dengan Mobilio.
       Kemungkinan ketiga MPV baru Toyota penjegal Honda Mobilio murni strategi baru untuk membuat kelas baru antara Avanza dan Kijang Innova. Hal ini diperkuat rumor bahwa MPV baru Toyota ini akan dibekali mesin 1.5 liter (1500 cc). Yah, walaupun Avanza juga ada versi mesin 1500 cc bisa jadi MPV baru ini memakai mesin baru yang lebih powerfull.
       Soal bodystyle Honda Mobilio menganut estate sehingga ground clearance sedikit lebih rendah dari Avanza, sementara bodinya lebih panjang untuk kenyaman penumpang baris kedua dan ketiga. Nah, lalu mau seperti apa bentuk dari MPV Toyota penghadang Honda Mobilio ini? Apakah akan mengambil basis desain dari Daihatsu UFC concept? bisa saja toh selama ini Avanza "cuma" ambil desain dari Xenia. 
Bagaimana masbro dan mbaksis sekalian......tambah menarik ya pasar Low MPV Indonesia?


2 komentar:

  1. aku sih cuma pingin memakai saja mana yg enak nyaman dan murah gampang service dan spare partnya ya ku beli ... soal dijual lagi ... ya gak masalah rugi ... saya bukan pedagang

    BalasHapus
  2. saya pingin di beri penawaran ke gdhendro58@gmail.com

    BalasHapus